PT .YON SERNA PUTRA TAMA, awal terbentuk pada pada Tanggal 10 September 1966 dipelopori oleh Bapak-Bapak Pejuang Veteran Kemerdekaan RI dan Purnawirawan TNI-POLRI. Dengan nama Batalyon Cadangan Yon Serna, untuk membantu Pengamanan dibeberapa Instansi Pemerintah.

Tidak lama kemudian nama Batalyon diganti menjadi Satuan cadangan Yon Serna, Satcad Yon Serna menerapkan sistem Pengamanan Swakarsa yang pertama di Indonesia, bekerja sama dengan Garnisun dan saat itu belum terdapat Satuan Pengamanan Swakarsa selain Satcad Yon Serna yang dapat menyalurkan kurang lebih 2000 tenaga kerja Pengamanan Swakarsa.

Satcad Yon Serna dalam operasionalnya bersifat sosial dan untuk mempererat tali silatuhrahmi antara mantan Anggota Pejuang Kemerdekaan serta mendukung kegiatan organisasi Pada saat itu, dengan demikian Satcad Yon Serna tidak semata-mata hanya mengacu pada sisi komersial belaka, melainkan juga pada sisi kesejahteraan sosial sesuai dengan misi Bapak-Bapak Pejuang Kemerdekaan tersebut.

Kini seiring dengan perkembangan zaman, pada Tahun 2002 Beberapa dari Bapak-Bapak Pejuang Veteran Kemerdekaan tersebut mendirikan sebuah Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dibawah naungan Mabes Polri dengan nama “PT. YON SERNA PUTRA TAMA“.

PT. Yon Serna Putra Tama adalah suatu Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) berfungsi dan berpartisipasi aktif untuk kepentingan keamanan dan ketertiban masyarakat pengguna Jasa danĀ  sekitarnya, Legalitas Perusahaan ini diperoleh dari Departemen Kehakiman dan Hak Azasi Manusia, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI, Kepolisian Negara RI dan lain-lain instansi yang terkait yang bewenang dan selalu diadakan pembaharuan Ijin.

Itulah sekelumit riwayat lahirnya PT. Yon Serna Putra Tama yang bergerak dalam bidang Usaha Jasa Pengamanan yang telah dirintis oleh Bapak – Bapak Pejuang Veteran Kemerdekaan RI sebagai Pelopor Perusahaan.